Posts Subscribe to This BlogComments

Pages

Minggu, 27 November 2011

Definisi HotSpot

HotSpot

HotSpot adalah sebuah wilayah terbatas yang dilayani oleh satu atau sekumpulan Access Point Wireless LAN standar 802.11a/b/g. Di mana pengguna (user) dapat masuk ke dalam Access Point secara bebas dan mobile menggunakan perangkat sejenis notebook, laptop, PDA, dan sebangsanya.


Biasanya HotSpot dioperasikan di tempat umum, seperti, Cafe, Mall, dan kampus. Access Point yang digunakan umumnya tidak dimodifikasi antenanya, sehingga kemampuannya memang dibatasi hanya untuk ruangan terbatas saja. Jadi jaringan Wireless di sebuah kota, RT/RW-net bukan kategori HotSpot.


WiFi


WiFi, kependekan dari Wireless Fidelity, adalah standar yang dibuat oleh konsorsium perusahaan produsen peranti W-LAN; Wireless Ethernet Communications Alliance untuk mempromosikan kompatibilitas perangkat 802.11, tetapi tidak semua 802.11 mengikuti standar WiFi.


Materi tulisan ini, terutama gambar-gambar, banyak diambil dari presentasi Pak Michael Sunggiardi (Michael@sunggiardi.com) tentang HotSpot. Penulis berterima kasih kepada beliau untuk kebaikan ini.


Perangkat Client


Perangkat client yang digunakan untuk HotSpot sangat beragam sekali bentuknya. Sering kita lihat orang membawa laptop atau PDAnya saat menggunakan HotSpot. Beberapa laptop yang baru, tertutama kelas centrino, biasanya siap digunakan untuk operasi WiFi tanpa perlu tambahan alat apapun.


Peralatan pendukung berupa card Wireless LAN/WiFi yang dipasang di laptop Anda dapat berupa Compact Flash, PCMCIA, Embedded card dan USB WLAN card. Bagi Anda yang menggunakan PC dapat menggunakan card PCI atau USB WLAN card.


Type HotSpot


Ada beberapa jenis HotSpot yang biasa digunakan, yaitu :
HotSpot gratis sebagai tambahan pelayanan umum biasanya dioperasikan di hotel, di lobby hotel, di conference room, di coffee shop, atau di cafe. Biasanya dengan adanya HotSpot gratis akan menaikan image dan menarik pangsa pasar tertentu untuk datang ke tempat tersebut. Kadang HotSpot jenis ini merupakan instalasi semi permanen, di acara pameran komputer atau konferensi/seminar komputer.


HotSpot yang dibayar langsung ke pemilik gedung, biasanya di ruangan hotel, restoran, atau coffe shop. Tidak semua hotel mampu memberikan servis WiFi gratis. Mereka mengambil kebijakan untuk memberikan servis berbayar kepada pengguna HotSpot untuk menalangi biaya leased line atau unlimited ADSL ke Internet yang minimal Rp. 3-4 juta/bulan.
HotSpot berbayar ke operator WiFi HotSpot, misalnya Boingom iPASS. Operator WiFi HotSpot ini merupakan jaringan internasional yang global dengan banyak sekali pengguna yang mobile secaa internasional. Jenis HotSpot ini biasanya akan lebih menarik bagi mereka yang memiliki banyak pengguna yang datang dari manca negara.


Tentunya sebuah HotSpot dapat merupakan gabungan dari beberapa tipe HotSpot menjadi satu kesatuan, tidak harus menyediakan hanya satu tipe saja. Jadi bisa saja, HotSpot berbayar ke pemilik gedung dan berbayar ke operator WiFi HotSpot dioperasikan pada sebuah HotSpot. Jadi bagi pengguna biasa yang tidak berlangganan ke iPass dapat tetap menggunakan dengan membayar biayanya ke pemilik gedung.

Related Post



0 komentar:

Poskan Komentar

video

Photo Gue

Flag Visitor

FREE SMS

Make Widget

JAM

DAFTAR POSTING

Entri Populer

Iklan

Total Tayangan Laman

 

Profil

Chating

Followers